Social Icons

Saturday 12 July 2014

Contoh RPP SMA Bahasa Inggris (Speaking) Kurikulum 2013



RENCANA PEMBELAJARAN
(RPP)
............................................................................................................................................................
Satuan Pendidikan                : SMA..
Materi Pembelajaran            : BAHASA INGGRIS
Kelas/Semester                      : XI/1
Materi Pokok                         : What is in your mind?
Skill                                         : Speaking
Alokasi Waktu                       : 2 x 45  menit
A.    KOMPETENSI INTI (KI)
KI. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
K2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
NO
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
1
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa  Inggris sebagai bahasa pengantar  komunikasi internasional  yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1 Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris
2.
1.2 Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.

1.2.1 Menyapa guru dan teman dengan santun
3.

4.2  Menyusun teks lisan untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.2.1 Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan
4.2.2 Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan sesuai konteks

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti serangkaian pembelajaran, peserta didik mampu :
1.1.1 Mengungkapkan rasa syukur setiap saat mendapat kesempatan belajar bahasa Inggris dengan tepat dan berterima
1.2.1   Menyapa guru dan teman dengan santun dalam setiap komunikasi interpersonal pembelajaran dengan tepat dan berterima
4.2.1 Mengucapkan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar setelah diberi contoh.
4.2.2 Menggunakan tindak tutur menyampaikan pendapat dan meminta pendapat disertai responnya secara lisan sesuai konteks dalam kehidupan sehari-hari dengan penuh percaya diri setelah diberi contoh









D.    MATERI PEMBELAJARAN
Asking and Giving Opinion
Asking Opinion
Giving Opinion
·         What do you think of..
·         Is that right (true) that..
·         Do you think it’s going..
·         Why do they behave like that?
·         Do you have any idea?
·         How do you like that?
·         Please give me your opinion..
·         In my opinion..
·         I think..
·         I fell..
·         I believe..
·         I personally believe..
·         I personally think..
·         To my mind..
·         In my case..
·         Well, personally..
·         It seems that..
Contoh percakapan berkaitan dengan meminta dan memberi pendapat :
Gina    : I don’t think that young people should be allowed to wear strange hair style.
Ady      : Why? What’s wrong with them?
Gina    : Well, I personally believe that people who wear strange hair style will look untidy and be badly-behaved
Ady      : I see your point. I think they just want to be stylish. That’s all.

E.     METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan           : Scientific Approach
Strategi                 : pengamatan, pemodelan, kerja kelompok, dan mempraktekkan (Role play)

F.     MEDIA PEMBELAJARAN
Media                       : Video percakapan tentang “Giving and asking opinion”, Gambar-gambar yang relevan


 





G.    SUMBER BELAJAR
·           Buku SMA kelas XI yang relavan
·           www.youtube.com
H.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN (10 menit)
Tahap
Kegiatan
Kegiatan Awal
-  Apersepsi dan motivasi
-  Bernyanyi lagu “Study English
-  Penyampaian tujuan pembelajaran
KEGIATAN INTI  (70 menit)
Observation
-   Peserta didik mengamati video percakapan “Giving and asking opinion
-   Peserta didik menjawab pertanyaan secara lisan dari guru
Questioning
-   Dengan bimbingan guru, peserta didik menanyakan bagaimana caranya untuk meminta dan memberi pendapat
Exploration
-    Peserta didik belajar menggunakan ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan mengerjakan soal
-    Peserta didik membaca nyaring ekspresi meminta dan memberi pendapat dengan intonasi yang benar
Association
-    Peserta didik membandingkan ekspresi antara memberi dan meminta pendapat
-    Peserta didik membuat kesimpulan sementara tentang ekspresi memberi dan meminta pendapat
Communication
-    Peserta didik membuat dialog tentang ekspresi memberi dan meminta pendapat sesuai dengan konteks yang diberikan
-    Peserta didik mempraktekkan dialognya di depan kelas (Role play)
PENUTUP (10 menit)
Penutup
-     Menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari
-     Refleksi
-     Penugasan

I.         PENILAIAN
1. Tehnik Penilaian Sikap : Non test berupa pengamatan langsung
2. Pengetahuan                 : Cloze test
3. Keterampilan                : Unjuk kerja (performance)



Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
Aspek yang Dinilai
Kriteria
Score
1
Pengucapan (Pronounciation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
2
Intonasi (Intonation)
Hampir sempurna
5
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
2
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
3
Kelancaran (Fluency)
Sangat lancar
5
Lancar
4
Cukup lancar
3
Kurang lancar
2
Tidak lancar
1
4
Ketelitian (Accuracy)
Sangat teliti
5
Teliti
4
Cukup teliti
3
Kurang teliti
2
Tidak teliti
1




Konversi Kompetensi Pengetahuan, Keterampilan dan Sikap
Predikat
Nilai Kompetensi
Pengetahuan
Keterampilan
Sikap
A
4
4
SB
A-
3.66
3.66
B+
3.33
3.33
B
B
3
3
B-
2.66
2.66
C+
2.33
2.33
C
C
2
2
C-
1.66
1.66
D+
1.33
1.33
K
D-
1
1


Kediri, 12 Juni 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                               Guru Mata Pelajaran



(________________________)                                                           (______________________)










6 comments:

 
Blogger Templates